STRATEGI DAN OPERASIONAL PERUSAHAAN PERASURANSIAN
Konsep dasar manajemen strategi
Pengertian dan proses manajemen strategik- Esensi visi dan strategi. Visi merepresentasikan keinginan bersama yang sesuai dengan potensi kemampuan perusahaan, visi harus realistis dan terukur, spesifik, relevan dan berdimesi waktu.Sedangkan Strategi yang baik adalah strategi yang dapat dijalankan sehingga dapat memandu tujuan kegiatan untuk memberikan hasil yang dibutuhkan
- Pernaytaan Visi dan Misi perusahaan. Misi menjawab pertanyaan: "Apa bisnis kita?", sedangkan visi menjawab pertanyaan: "Kita ingin menjadi apa?"
- Target kinerja. Prinsip bahwa vivi harus spesifik, terukur, relevan dan berdimensi waktu memerlukan indikator kinerja baik yang bersifat finansial (tujuan keuangan) maupun non-financial (tujuan strategi)
- Faktor yang mempengaruji keberhasilan strategi
- pertama: Apa argumentasi atau alasan kuatnya sehingga perusahaan berani membuat visi tersebut
- Kedua: Apakah visi tersebut sudah dikomunikasikan dan diinternalisasikan pada semua jajaran manajeman
- Ketiga: Seberapa besar upaya yang akan dilakukan perusahaan
- Keempat: tingkat integrasi dan kohesi strategi oleh fungsi-fungsi perusahaan sesuai dengan lingkup tugasnya masing-masing.
- Kelima: Pesaing tidak tinggal diam
- Pasar atau industri tidak dapat diprediksi dengan musah
Manajemen strategi. Seni dan ilmu mengenai formulasi, implementasi dan evaluasi keputusan lintas fungsional yang memungkinkan perusahaan mencapai tujuannya.
Manajeman strategik identik dengan perencanaan strategi, yang terdiri dari 3 tahap, yaitu:
- formulasi strategi
2. Implementasi Strategi.
- diawali dengan pernyataan tentang visi dan misi
- selanjutnya analiis faktor internal dan eksternal dengan tujuan untuk mengetahui kondisi dan posisi perusahaan dengan menggunakan SWOT dan Matrik BCG
- kegiatan kritis pada tahan formulasi strategi yaitu membangkitkan berbagai pilihan strategi
3. Evaluasi Strategi
- Kegiatan kritis pada tahap ini yaitu bagaiman tujuan jangka panjang yang sudah dibuat pada tahap formulasi strategi dirinci menjadi tujuan jangka pendek untuk masing-masing fungsi perusahaan
Proses Managemen Strategik pada dasarnya merupakan proses pengelolaan risiko karena ada ketidakpastian mengenai tingkat keberhasilan (kegagalan) implementasi strategi
- Diperlukan karena keberhasilan saat ini bukan jaminan keberhasilan di masa datang
Tingkatan Strategi
Perusahaan besar secara umum mempunyai empat tingkatan strategi yaitu:
- Korporasi, Chief Executive Offices (CEO)
- Divisional, Presiden Direktur atau Executive Vice President
- Fungsional, Chief Finance Officer (CFO), Chief Information Officer (CIO), Chief Marketing Officer (CMO) dsb
- Operasional, kepala cabang, kepala pemasaran regional dsb
Sedangkan perusahaan yang lebih kecil mempunyai tiga tingkatan terakhit
Teknik dan Metode Manajemen Stratejik
Fungsi Operasional Perusahaan Asuransi
Teknik dan Metode Manajemen Stratejik
Fungsi Operasional Perusahaan Asuransi
- Pemasaran
- Akuntansi
- Aktuaria
- Underwriting
- Klaim
- Teknologi Informasi
- Sumber Daya Manusia
- Hukum
- Investasi
- Layanan Konsumen
Organisasi dikatakan efektif jika semua unsur organisasi dapat bekerja dengan baik sesuai dengan posisinya masing-masing sehingga organisasi dapat mencapai tujuannya dan terus berkembang secara berkelanjutan.
Comments
Post a Comment